Kualitas Internet di Gedung D FISIP Dikeluhkan Mahasiswa, PR untuk Dekanat

Sejumlah Mahasiswa FISIP keluhkan kualitas jaringan internet WIFI dan jaringan telepon seluler yang ada di gedung D. Keluhan ini awalnya muncul diantara sesama mahasiswa, kemudian terungkap dari hasil kuesioner yang dibuat oleh tim Redaksi Detak Alinea dan diisi oleh mahasiswa dari berbagai program studi lingkup FISIP pada rentang 22 Juni - 14 Agustus 2025.

Mayoritas mahasiswa yang mengisi kuesioner menyatakan pernah mengalami gangguan internet, terutama di ruang kelas D1.3, D1.4, D1.5 dan Ruang Seminar D. Sebagian mahasiswa menilai kualitas internet di ruang tersebut pada level 1 (sangat tidak bagus) hingga 2 (tidak bagus). Bahkan, ketika diminta menilai kualitas WIFI di seluruh titik Gedung D banyak mahasiswa memberi penilaian serupa.

Keluhan yang muncul umumnya terkait jangkauan sinyal WIFI yang lemah dan sinyal telepon seluler di Gedung D yang sulit diakses. khususnya di ruang kelas D1.3, D1.4, D1.5 dan Ruang Seminar D. Beberapa mahasiswa menyebutkan bahwa kondisi ini mengganggu proses perkuliahan, terutama saat absensi online dan mengakses materi pembelajaran.

“Harapan saya untuk masalah internet di gedung D ini adalah ditingkatkan kualitas internetnya, sehingga mahasiswa dan dosen dapat menggunakan internet dengan lancar dan pembelajaran berbasis teknologi dapat berjalan dengan baik dan tidak terganggu,” ujar Zahwa Rifara mahasiswi Antropologi Sosial.

Saran yang banyak diajukan mahasiswa kepada pihak Dekanat antara lain:

  1. Memperluas jangkauan WiFi hingga ke ruang-ruang belakang.
  2. Menambah jumlah perangkat WiFi atau memasang extender di setiap kelas.
  3. Meningkatkan kecepatan internet (bandwidth/mbps).
  4. Memberikan kontak pengaduan resmi jika terjadi kendala jaringan.

Hingga berita ini diterbitkan di laman Detak Alinea, pihak Dekanat FISIP UNAND belum memberikan tanggapan terkait hal ini. Pada 22 Juli 2025, tim Detak Alinea sempat menemui Wakil Dekan I untuk membahas keluhan tersebut, namun diarahkan kepada Wakil Dekan II. Tim kemudian diminta menunggu, tetapi hingga saat dihubungi kembali belum ada balasan maupun konfirmasi lanjutan dari pihak Dekanat.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi Dekanat FISIP maupun pihak kampus UNAND. Terlebih, saat ini kampus tengah menyambut mahasiswa baru angkatan 2025 yang nantinya akan berkuliah di Gedung D dan membutuhkan akses internet yang memadai. Jika persoalan jaringan tidak segera diperbaiki, dikhawatirkan keluhan akan semakin banyak dan proses perkuliahan mahasiswa pun akan semakin terganggu.

Dengan banyaknya keluhan ini, mahasiswa berharap segera dilakukan perbaikan demi kelancaran kegiatan belajar-mengajar.

Penulis: Putra Melandry